Menulis Opini di Media Masa

Opini merupakan pengertian dari asumsi, anggapan atau pandangan terhadap suatu keadaan/ permaslahan yang sedang terjadi di sekitar lingkungan kemasyarakatan. Berkaitan dengan hal tersebut kali ini penulis akan memberikan sedikit tips berdasarkan pengalaman penulis, tentang bagaimana menulis opini yang baik dan benar sehingga nantinya bisa dimuat di surat kabar. Berikut langkah-langkah menulis opini :

Sumber Gambar : fahmisme.wordpress.com
1. Tema
usahakan dalam memilih tema, kita mengangkat permasalahan yang sedang hangat dibicarakan atau permasalahan yang mempunyai dampak yang cukup besar. Contohnya :
  • Kenaikan BBM.
  • Isu Lingkungan Hidup
  • Teknologi
  • dll.
Contoh Opini yang di kirim penulis disalah satu surat kabar terbesar di Lampung : Sosialisasi Politik dan Dukungan Rakyat.  

2. Judul
Buatlah judul sesingkat mungkin, usahakan jangan sampai lebih dari lima kata, karena nantinya judul yang terlalu panjang akan membuat pembaca malas untuk membacanya.

3.  Bahasa
Gunakan bahasa yang baku serta jangan gunakan bahasa singkatan-singkatan karena terkesan amburadul dalam konteks pembuatan opini.

4. Wawasan
Tips yang terakhir ini merupakan pengetahuan, kepekaan, intuisi terhadap sumber daya pikiran yang nantinya akan dituangkan dalam bentuk opini.

Demikianlah tips dalam membuat opini dalam sebuah surat kabar, karena selain menambah wawasan dan mengasah otak kita sering kali media massa juga memberikan imbalan atas opini yang kita kirimkan





0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Saran Dan Kritik Anda.