Manusia Membantu Manusia (MMM)

Situs komunitas Manusia Membantu Manusia atau juga dikenal Mavrodi Mondial Moneybox (MMM) dengan permainan uang belakangan kian marak di Indonesia.  Dalam situs ini anggota atau member saling mengirim uang dengan iming-iming bisa menerima bantuan atau mendapatkan kentungan hingga 30% lebih besar dari jumlah uang yang ditransfer per bulan. Keikutsertaan masyarakat dilakukan melalui sistem di internet yang diciptakan oleh penemu MMM, Sergey Mavrodi yang merupakan warga Rusia. Calon peserta harus memiliki rekening bank, telepon genggam, dan alamat email. Setelah peserta mendaftarkan diri ke salah satu situs MMM, pengelola situs yang bersangkutan akan memberikan password untuk masuk ke sistem dan kode askses untuk setiap transaksi. Kemudian peserta akan disuruh untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening bank tertentu dan berposisi sebagai provide help. Jika permintaan tersebut tidak dipenuhi, maka peserta akan di-blacklist sehingga tidak dapat mengikuti MMM lagi.
Cara kerja MMM adalah satu orang mengirimkan sejumlah dana ke beberapa rekening yang telah ditentukan sistem. Jumlah dari uang yang disetor akan dikembalikan dalam waktu satu bulan dengan bunga 30%. Tambahan 30% dari setoran peserta lain itu bisa saja dari anggota baru ataupun anggota lama. Mereka yang sudah menyetor uang berikutnya berharap ada yang mengirim setoran uang juga. Hal ini terus berlangsung sampai tidak ada lagi orang yang menyetor uang.
Jika kegiatan MMM tidak berhenti beroperasi, maka risiko kerugian masyarakat akan semakin tinggi karena semakin banyak dari mereka yang akan bergabung dengan MMM. Salah satu situs MMM, indonesia-mmm.net, memaparkan bahwa pihaknya mengklaim sebagai komunitas orang-orang biasa, yang tanpa pamrih saling membantu satu sama lain, semacam bantuan gotong royong Dana Sedunia.
Tapi semua ini tergantung pada individu masing-masing, apakah masih percaya dengan permainan uang seperti ini atau tidak sama sekali. Tetapi berdasarkan pengalaman saya pribadi, saya juga pernah ikut membuat akun untuk situs MMM ini dari dua akun tersebut saya mencoba untuk mentransfer uang sebesar Rp. 100.000, karena dalam system ini limit terendah adalah Rp. 100.000, dan alhasil system pun menerima ajuan bantuan dari saya untuk mentransfer uang tersebut kepada seseorang yang notabene saya tidak mengenal sama sekali. Selang beberapa waktu kita diberikan fasilitas untuk dapat mengajukan permohonan bantuan sesuai limit yang kita ambil dan natinya bunga 30% dari uang permohonan akan diberikan secara otomatis oleh system tersebut. Terlepas dari semua itu saya tidak menganjurkan untuk mengikuti system tersebut karena barang tentu system seperti itu masih banyak mengandung controversial ketimbang manfaatnya.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Saran Dan Kritik Anda.