Etika Mengirim E-mail

Postingan blog saya kali ini sebenarnya sudah sangat di pahami oleh para netizen yang sering berselancar di dunia maya, akan tetapi hal kecil ini juga sering dikesampingkan. Sebagai alat komunikasi, e-mail juga menurut penulis memiliki etik dalam menggunakannya. Berikut ini beberapa tips saat kita menggunakan surat elektronik agar sesuai dengan etika yang berlaku.

1.    Salam
Gunakan bahasa salam pembuka dalam setiap membalas atau mengirim e-mail baik formal maupun tidak resmi.
2.    Mengenalkan diri
Baik e-mail yang dikirm kepada teman ataupun kepada orang yang tidak kita kenal, tidak ada salahnya pabila kita mengenalkan diri terlebih dahulu.
3.    Pokok tujuan
Sumber Gambar : masulum.net
Menggunakan e-mail sebaiknya tidak terlalu bertele-tele, langsung saja kepokok permasalahan karena membaca e-mail yang cukup panjang dirasakan sangat membosankan nantinya.
4.    Menjawab pertanyaan
Membalas e-mail sebaiknya memberikan semua informasi sesuai dengan permintaan pengirim e-mail tersebut selama dalam konteks kewajaran.
5.    Menggunakan bahasa yang sopan
Bahasa dalam mengirim atau membalasa sebuah e-mail hendaklah menggunakan bahasa yang sopan serta mudah dimengerti.
6.    Melampirkan file yang dibutuhkan
Lampirkan informasi seperlunya saja dan jangan melampirkan file yang tidak dibutuhkan orang lain,karena ini sangat tidak efisien.
7.    Kendalikan diri
Seringkali kita menerima e-mail yang kurang menyenangkan, sebaiknya kita tidak langsung membalas e-mail tersebut. Akan tetapi kita perlu memikirkan maksud dan tujuan si pengirim e-mail tersebut jangan sampai e-mail menjadi senjata provokasi atau saling menghina.
Demikianlah sedikit tips dalam mengirim e-mail yang seringkali atau kita lupakan, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Saran Dan Kritik Anda.